Cara Mencegah Sumbing Pada Anak

celah bibir dan longgar sumbing pada anak-anak masih menjadi masalah besar di Indonesia. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, lelangit bibir sumbing dan peringkat kelima dari populasi anak-anak cacat di Indonesia.

ahli bedah plastik Dr Kristaninta Bangun, SpBP-RE (K), menjelaskan bahwa ada antara 150 dan 240 pasien dengan bibir sumbing dan lelangit setiap tahun.

Dr. Kristaninta mengaku ia telah melakukan sekitar 24 kasus operasi sumbing setiap tahun. "Pendanaan untuk pasien, terutama pasien dengan sumbing langit-langit di sini adalah hampir semua untuk operasi bebas, tidak dibayar," katanya kepada media.

Namun jumlah kasus bibir sumbing dan lelangit, dr Prasetyanugraheni Kreshanti, SpBP-RE (K) memberikan tips untuk mencegah celah.

"Kami merekomendasikan bahwa anak perempuan menjaga asupan gizi mereka, tentu bukan kurangnya asam folat, vitamin B12 yang sangat bergizi," kata Dr Heni salam hangat.

Dr Heni disarankan untuk tidak hanya berfokus pada diet untuk menurunkan berat badan, tetapi nutrisi mengharikan dikonsumsi setiap hari.

"Makan cukup, tapi bergizi, sehingga ketika mereka tumbuh, ibu siap untuk berada dalam kondisi yang siap untuk tubuh," tambahnya www.solusitinggiku.com.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Luh Karunia Wahyuni, SpKFR (K), juga menyarankan bahwa wanita hamil memperhatikan gizi seimbang dan harus selalu dalam pengawasan dokter kandungan, dan tidak mengambil obat tanpa pandang bulu.

Komentar

Postingan Populer